Ingin Beli Smartphone? Kenali Dulu Sistem Operasinya

Tips Memilih Smartphone Kenali Dulu Sistem Operasinya, Sistem Operasi (OS) adalah salah satu hal yang penting untuk membeli sebuah perangkat gadget. Mulai dari tablet, komputer, laptop, sampai smartphone memilih OS yang baik adalah salah satu hal terpenting.

Smartphone sendiri memiliki bermacam-maca sistem operasi. Misalkan Android, iOS, Windows Phone. Setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentunya, harga dari setiap sistem operasi berbeda-beda. Mari kita bahas satu persatu.

Sistem Operasi Handphone Terpopuler

Kelebihan dan Kekurangan Android

Siapa yang tidak kenal Android? Sistem operasi yang identik dengan robot hijau ini telah menjadi magnet tersendiri di industri smartphone. Android adalah OS besutan Google. Android sendiri termasuk dalam sistem operasi open source. Artinya, semua orang bebas untuk mengembangkan, memodifikasi sesuai dengan keinginannya. Inilah salah satu kelebihan Android. Jika kita paham developing tentunya kita dapat mengkustom Android Device kita sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Tetapi, kekurangan Android yang utama adalah sifat keterbukaannya. Bagai pisau bermata dua, karena open source ini banyak pihak yang tidak bertanggung jawab membuat program jahat atau malware yang bisa mengakibatkan hal buruk bagi privasi kita. Misalkan, pulsa kita gampang habis, data privasi dicuri, dll.

Kelebihan dan Kekurang Apple iOS

iOS adalah sistem operasi khusus yang dikembangkan oleh Apple. iOS sendiri dipakai untuk iDevices seperti iPhone dan iPad. iOS sendiri adalah OS fenomenal, karena iOS menginspirasi semua sistem operasi mobile. Android sendiri pada dasarnya terinspirasi dari iOS. Kelebihan iOS adalah terbatasnya device yang menggunakannya, hanya produk-produk Apple saja. Sehingga Apple dapat mengkontrol penuh sistem iOS. Sehingga sedikit lebih sulit bagi malware untuk mengobrak-abrik iOS.

Tetapi, kekurangannya adalah kurang terbukanya ini. Kita diberi keterbatasan penggunaan oleh Apple. Tidak seperti Android yang bersifat open source. Karena itulah, banyak aplikasi-aplikasi jail break atau semacam rooting di Android agar kita bisa memodifikasi sesuai keinginan kita

Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone

Windows Phone adalah OS Mobile yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Microsoft. Dengan pengalamannya yang luar biasa dibidang Desktop OS tidak diragukan lagi akan kualitasnya. Inilah yang menjadi kelebihannya, bagi sebagian orang tampilan Windows Phone cukup menarik dengan gaya metro seperti Windows 8. 

Aplikas-aplikasi seperti facebook dan twitter memiliki tampilan yang menarik. Selain itu, pada tampilan Start Screen kita dapat memodifikasinya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Selian itu, Windows Phone juga mendukung MultiTasking. Tetapi, salah satu kekurangannya adalah belum banyaknya aplikasi yang tersedia. Masih kalah jauh dibandingkan dengan Android dan iOS. 

Untuk OS BlackBerry dan Symbian tidak saya bahas. Karena kedua OS tersebut sudah tidak banyak dilirik. Untuk level global sendiri hanya Android, iOS, dan WindowsPhone saja yang mendominasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Tentang artikel di blog ini :) Dengan bahasa yang sopan dan santun. Dan Anda juga bisa merequest artikel di blog ini