Cara Memperbaiki HP Android Mati Total atau Tidak Mau Menyala

Cara Mengatasi HP Android Mati Total atau Tidak Mau Nyala - Salah satu keluhan yang banyak terjadi bagi para pengguna smartphone Android adalah sering terjadinya mati total kalau tidak mati total ya bootloop. Tidak tau bootloop? Bootloop adalah keadaan dimana smartphone / perangkat Android tidak bisa booting sampai ke Sistem Operasinya, biasanya hanya sampai pada tampilan logo merk smartphone tersebut.

Tetapi bagaimana jika smartphone Android kita mati total? Cara yang paling mudah adalah mereset atau merestore pengaturan Android ke mode awal setelan pabrik atau biasa disebut dengan factory reset. Setelan pabrik ini akan mengembalikan tampilan, bahkan semuanya menjadi sama persis ketika kita awal membeli perangkat tersebut, cara ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu menggunakan Recovery Mode saat Android benar-benar dalam kondisi mati total.

Cara Mengatasi Android yang Bootloop

Cara Mengatasi Android yang Bootloop

Smartphone Mati Total

Jika Android kita mengalami mati total, bootloop dan tidak mau direstart sama sekali kita bisa masuk ke factory reset seperti yang telah dijelaskan diatas. Cara masuknya cukup mudah yaitu masuk ke Recovery Mode, apalagi jika smartphone kita telah diinstall CWM. Jika kita bisa masuk ke recovery mode kita bisa melakukan banyak hal untuk memperbaiki kerusakan software smartphone Android kita. Nah, selain itu memperbaik Android yang mati total ataupun bootloop factory reset juga dapat digunakan saat smartphone masih bisa hidup tetapi tidak mau merespon apa yang kita masukkan, selain itu saat kita lupa PIN, Sandi ataupun pattern kunci kita bisa mereset melalui factory reset.

Untuk bisa melakukan factory reset kita dapat melakukannya dengan cara masuk ke menu pengaturan / setting ---> Privacy --> Factory Data Reset. Sedangkan unutk melakukan recovery Mode biasanya kita bisa melakukannya saat menghidupkan smartphone yaitu menekan tombol volume up + power secara bersamaan, meskipun tiap merk smartphone ada cara sendiri-sendiri tetapi kebanyakan dengan kombinasi tombol tersebut. Tetapi jika smartphone kita tidak memiliki fitur Recovery Mode kita bisa menambahkannya dengan menginstall aplikasi xRecovery atau CWM (ClockwordMod Recovery).

Cara Mengatasi Handphone Android Mati Total dengan Mudah

Jika kita sudah masuk dalam Recovery Mode dengan cara seperti yang telah dijelaskan diatas, maka cara memperbaiki smartphone Android yang mati total dapat kita lanjutkan. Gunakan tombol volume up dan down untuk memindah menu-menu yang tersedia, dan gunakan tombol power untuk memilihnya. Cara ini juga dapat digunakan untuk perangkat Tablet Android. Setelah berhasil ke Recovery Mode kita pilh Factory Reset/Wipe Data, tekan tombol power dan tunggu hingga proses restore smartphone ke setelan pabrik selesai dilakukan.

Tetapi perlu diingat saat kita bisa masuk ke menu Recovery Mode smartphone harus benar-benar dalam keadaan mati. Selain itu juga pastikan minimal 70% daya baterai masih ada, karena jika ditengah jalan baterai habis dan drop maka akan benar-benar memperparah kerusakan smartphone Android kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Tentang artikel di blog ini :) Dengan bahasa yang sopan dan santun. Dan Anda juga bisa merequest artikel di blog ini